hai semua… ini posting saya yang entah ke berapa ratus kalinya (boong banget, hhahaa)…..
Posting saya kali ini akan membahas sebuah situs lokal (indonesia) yang bergerak di bidang otomotif, yaitu sebuah toko online yang menjual velg, ban, dan aksesoris mobil. Nama situs ini adalah permaisuri.com Namun situs ini lebih memfokuskan pada penjualan velg dan ban mobil, terutama untuk mobil-mobil mewah (seperti Alphard, Vellfire, BMW series, dll). Hal tersebut terlihat dari tidak ditemukannya pencarian untuk aksesoris dan velg / ban yang cocok untuk merk mobil tertentu, tetapi untuk mobil-mobil mewah tersebut, banyak pilihan model yang bisa dilihat.

Untuk melakukan pembelian atau tahu lebih jauh tentang permaisuri.com user diwajibkan untung melakukan registrasi (sign in) sebagai member. Proses Registrasi cukup sederhana, hanya menuliskan biodata dan alamat email user, jika user sudah melakukan registrasi, user name dan password akan dikirim ke alamat email yang telah user berikan. Jika user tidak melakukan login (baik yang sudah register atau pun belum) maka user tidak bisa membuka beberapa fitur seperti tire calculator, member area. Selain itu jika tidak login, user tidak dapat melihat rincian produk secara lebih merinci dan pastinya tidak dapat melakukan pembelian.

Dalam post kali ini saya hanya akan membahas tentang usability dari website permaisuri.com. Usability itu sendiri adalah ukuran seberapa mudah suatu interface dapat digunakan oleh penggunanya (user). Faktor-faktor yang mempengaruhi usability diantaranya adalah learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfatction.

Gambar 1. Halaman muka dari situs permaisuri.com

Halaman muka (beranda) website Permaisuri.com cukup menggambarkan halaman muka yang baik dari sebuah antarmuka ( interface) untuk sebuah website. Karena dapat menjelaskan bahawa isi dari website tersebut adalah berjualan perangkat otomotif yang terutama difokuskan kepada penjualan velg dan ban mobil. Namun, mungkin bagi masyarakat awam yang tidak mengerti sama sekali tentang otomotif, bila pertama kali mengakses situs ini akan mengira bahwa situs ini berjualan mobil, bukan velg/ban mobil. hal tersebut terjadi karena tampilan flash yang ada dan dominan pada halaman muka adalah gambar mobil yang terus-menerus berganti. Tetapi jika kita scroll sedikit kebawah, kita akan sadar bahwa situs ini berjualan velg/ban.

Selain itu tab-tab atau link-link yang ada pada website ini dibuat sesuai dengan contoh link secara umum, sehingga memudahkan user untuk melakukan pencarian atau pembelian. Link-link yang berupa gambar (baik gambar velg maupun logo dari merk velg) juga cukup jelas, sehingga user tahu bila dia mengklik link tersebut, dia akan langsung dilink ke produk tersebut. Hal tersebut memenuhi kriteria learnability yang baik, karena akan mudah dimengerti oleh user.
Namun ada hal yang mengurangi usability dari situs ini, salah satunya adalah nama situs yang muncul pada tab browser anda bukanlah permaisuri.com, melainkan velg mobil indonesia. Hal ini akan membingungkan user tentang keberadaannya ketika dia sedang membuka banyak tab di browser, apakah dia berada di permaisuri.com atau di velg mobil indonesia?

Untuk errors situs ini memperkecil peluang terjadinya error dengan menggunakan dropdownlist dan checkbox pada hampir semua tempat sebagai inputan informasi dari user. Hal ini sangat baik, karena bila input dilakukan dengan menggunakan textbox akan memperbesar terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh user, seperti kesalahan pengejaan, dll.
Menurut saya, kesalahan yang mungkin dilakukan user adalah kesalahan dalam memasukkan inputan pada saat login (lupa username / password, dll).

Untuk satisfatction, situs ini hanya menawarkan sedikit user experience, yaitu hanya melalui flash yang ada dihalaman awal, selebihnya hanyalah gambar-gambar statis. Namun cukup memberikan kesenang an, karena gambar-gambar yang dimuat memiliki kualitas yang baik dan gambarnya bagus (yaiyalah, mobilnya bikin ngiler semua euyy). Saran dari saya, akan lebih menarik jika fitur tire calculator, yang merupakan fitur yang sangat memberikan informasi tentang komposisi ban dan velg yang benar, bisa diberikan animasi / flash dalam memperlihatkan hasil kalkulasinya. Saya rasa hal tersebut akan memberikan user experience yang berbeda.

Gambar 2. Halaman tire calculator dari situs permaisuri.com

Selebihnya untuk efficiency dan memorability saya rasa situs ini sudah bisa memberikannya secara baik. Karena tab-tab, link-link, ataupun task yang ada pada situs ini disusun sesuai desain pada umumnya. Seh ingga membuat user mudah menggunakan situs ini dan mudah mengingatnya bila sewaktu-waktu ingin membukanya kembali.

after all saya rasa ini adalah sebuah situs yang baik dan bermanfaat. Nantikan post saya selanjutnya mengenai situs permaisuri.com ini.

terimakasih =)

Leave a Reply